pansus century imbau menkeu dan wapres nonaktif

Posted: 18, 2009 in Uncategorized

Panitia Khusus Imbau Sri Mulyani-Boediono Nonaktif

Jum’at, 18 Desember 2009 | 16:28 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Panitia khusus angket Century mengimbau saksi-saksi yang terlibat dalam skandal bailout Bank Century untuk menonaktifkan diri dari jabatannya. Permintaan nonaktif ini untuk memudahkan proses penyidikan yang tengah dilakukan panitia khusus.

Wakil Ketua Pansus Mahfuz Siddiq mengatakan imbauan nonaktif itu telah disepakati semua fraksi yang ada di pansus. Dengan demikian, imbauan ini sudah menjadi imbauan panitia khusus. “Ini untuk memudahkan pemeriksaan saksi-saksi,” kata Mahfuz saat dihubungi Tempo, Sabtu (18/12).

Imbauan nonaktif, kata dia, juga berlaku untuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini jadi Wakil Presiden Boediono.

Kesulitan memeriksa orang yang tengah menjabat diungkapkan anggota panitia khusus Bambang Soesatyo. Itu dibuktikan saat panitia khusus meminta data-data serta notulensi rapat Komiet Stabilitas Sistem Keuangan pada Badan Pemeriksa Keuangan dalam rapat konsultasi, Rabu (16/12).

Saat itu, Ketua BPK Hadi Purnomo enggan memberikan data ke pansus karena tidak mendapat izin Menteri Keuangan. Hadi meminta agar pansus meminta langsung ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Inilah kesulitan orang yang sedang diperiksa tapi menjabat,” kata Bambang.

Namun, lanjut Mahfuz, permintaan nonaktif itu hanya bersifat imbauan. Artinya, tidak ada sesuatu yang mengikat bila yang bersangkutan menolak menonaktifkan diri. “Sifatnya imbauan moral, tapi berpulang kepada saksi-saksi,” kata dia.

AMI

RULLAH

tanggapan aku:

seharusnya bukan hanya imbauan tapi harus dengan sikap tegas,DPR kan wakil rakyat….suara rakyat adalah segala gala diatas kepentingan siapapun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s