Rekaman rapat KSSK akan dikonfrontir dgn Sri Mulyani

Posted: 11, 2009 in Uncategorized

Rekaman Rapat KSSK Akan Dikonfrontir dengan Sri Mulyani

Jum’at, 11 Desember 2009 | 20:26 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Anggota Panitia Khusus Century Bambang Soesatyo mengatakan Pansus akan melakukan cek silang kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani sehubungan isi transkrip rekaman rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang saat ini dimiliki seluruh anggota Pansus Century.

“Akan kita konfrontir dengan Sri Mulyani. Itu rekaman resmi, bukan notulen,” kata dia usai rapat Pansus di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (11/12).

Menurut Bambang, banyak percakapan Sri Mulyani dengan Robert Tantular, Direktur Bank Century yang saat ini telah menjadi tersangka kasus Bank Century. Dalam percakapan tersebut, terutama tanggal 21 November 2008, terlihat hubungan yang tidak biasa di antara mereka. Meski tidak ikut dalam rapat tertutup itu, Robert terus menunggu di ruangan sebelah hingga rapat berakhir.

Bambang juga menduga kesimpulan mengenai krisis ekonomi dan dampak sistemik jika tidak dilakukan bail out terhadap Bank Century dipengaruhi Robert.

“Yang menarik adalah di akhir percakapan itu kita menarik kesimpulan sementara Robert ini berusaha mengarahkan bahwa proses bail out itu kesimpulannya adalah diambil saja dalam keadaan krisis ekonomi yang sedang terjadi. Itulah mengapa kita tahu alasan bail out-nya sistemik,” kata dia.

Dalam rapat itu, kata Bambang, banyak regulator dari BI, Departemen Keuangan dan LPS yang hadir, di antaranya Boediono (Gubernur BI), Halim Alamsyah, Rudjito, Anggito Abimanyu, Fuad Rahmani, Azizah, dan Agus Martowardojo yang diundang sebagai narasumber. “Dari beberapa nama ini akan kita panggil tokoh-tokoh kuncinya,” kata dia.

Bambang meyakinkan bahwa rekaman-rekaman tersebut akan diperdengarkan secara lengkap dalam rapat pansus nanti.

Saat ini beredar transkrip rekaman percakapan rapat-rapat KSSK saat memutuskan menyelamatkan Bank Century. Bambang merahasiakan sumber yang memberikan rekaman dan transkrip tersebut. Menurutnya, Tim 9 lah yang awalnya memperoleh “barang penting” itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s